Semangat Membangun Pekon Dengan Kearifan Lokal
Kamis, 10 Agustus 2021 18:15:26
Admin
Semangat Membangun Pekon Dengan Kearifan Lokal

Sebagai salah upaya peningkatan kesejahteraan Pekon, khususnya di Pekon NR Tenumbang, selain 18 SDGs Desa yang sudah ditetapkan yaitu: 1) Desa Tanpa Kemiskinan, 2) Desa Tanpa Kelaparan, 3) Desa Sehat dan Sejahtera, 4) Pendidikan Desa Berkualitas, 5) Keterlibatan Perempuan Desa, 6) Desa Layak Air Bersih dan Sanitasi, 7) Desa Berenergi Bersih dan Terbarukan, 8) Pertumbuhan Ekonomi Desa Merata, 9) Infrastruktur dan Ekonomi Desa Sesuai Kebutuhan, 10) Desa Tanpa Kesenjangan, 11) Kawasan Pemukiman Desa Aman dan Nyaman, 12) Konsumsi dan Produksi Desa Sadar Lingkungan, 13) Desa Tanggap Perubahan Iklim, 14) Desa Peduli Lingkungan Laut, 15) Desa Peduli Lingkungan Darat, 16) Desa Damai Berkeadilan, 17) Kemitraan untuk Pembangunan Desa, 18) Kelembagaan Desa Dinamis dan Budaya Desa Adaptif.

Membangun desa/pekon dengan kearifan lokal yang ada di NR Tenumbang adalah hal penting perlu dikembangkan. Tenumbang adalah wilayah yang termasuk tua di Pesisir Barat atau Krui, karena Tenumbang adalah salah satu marga yang ada diantara 16 marga sai batin di Pesisir Barat. Dalam catatan sejarah wilayah marga Tenumbang yang beribukota waktu itu di Bumi lebu, wilayahnya dari mandiri sampai Way jambu.

Sebagai salah satu pekon tua (Pekon Tuha) yang ada sejak masa Kesultanan Banten, masa Kolonisasi Inggris, Masa Kolonisasi Belanda, Masa Bengkulen hingga masuk wilayah Propinsi Lampung.

Tentu Upaya pengembangan kearifan lokal menjadi konsen utama kami, sehingga potensi masa lalu menjadi acuan untuk membangun NR Tenumbang menjadi Pekon yang mempunyai jati diri.

 

 

Dandes Suveri

Peratin Negeri Ratu Tenumbang

Komentar
Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun). Komentar akan ditampilkan setelah disetujui oleh Admin
CAPTCHA Image
APBDes 2021

Data belum diinput

APBDes 2020

Data belum diinput

Realisasi APBDes 2020

Data belum diinput